KEBUMEN, KebumenPost.com – Mendekati akhir tahun 2022, pelaksanaan Kebumen Beach Half Marathon semakin matang. Dimana, hingga saat ini sudah mencapai 80 persen, jumlah peserta pun sudah mencapai ribuan.

Hal itu disampaikan Frans Haidar selaku panitia penyelenggara, saat menggelar konfrensi pers di Jembangan, baru baru ini. Kebumen Beach Half Marathon yang bakal diselenggarakan pada 31 Desember 2022 merupakan bagian dari rangkaian Kebumen Mendegam. Ada tiga katagori lari yang diadakan, yakni 21 K, 10 K, dan 4 K.

“Total peserta sampai pada Kamis 22 Desember 2022 sudah mencapai 2.929 orang. Terdiri dari 21K 103 pelari, 10K 564 pelari, 4K 2.262 pelari,” ujar Frans

Sampai pada hari H, pihaknya menargetkan peserta mencapai 5000 orang. Harga tiket pendaftaran untuk 21K sebesar Rp250 ribu, 10K Rp 225 ribu untuk harga terbaru karena pendaftar cukup banyak, dan sudah ditutup. Adapun untuk yang 4K Rp 10500. Untuk katagori 4K tidak termasuk yang dilombakan, dan masih dibuka.

“Yang banyak peserta lari yang fun 4K sejumlah 2.262. Fun itu identik dengan jalan sehat atau tidak diambil dari kecepatan, katagori ini tidak dilombakan hanya mendapat doorprize,” jelasnya.

Adapun Doorprize pada Kebumen Beach Half Marathon berhadiah satu unit mobil listrik warna putih. Adapun pemenang lomba lari untuk 21K dan 10K juga disiapkan hadiah total jutaan rupiah tertinggi juara 1 21K mendapat hadiah Rp3 juta, sampai juara 3 terendah untuk 10K sebesar Rp500 ribu.

Pendaftaran dilakukan secara Online melalui https://beachhalfmarathon.kebumenkab.go.id/ Pendaftaran secara Offline bisa dilakukan di Loket Kantor Kecamatan, Disperindagkukm, Disparbud, Radio In FM

“Pendaftaran kategori 21K dan 10K terakhir tanggal 10 Desember 2022. Kami membuka registrasi ulang untuk kategori 10K dan 20K dari tanggal 17-20 Desember 2022. Sedangkan untuk pendaftaran kategori 4K masih terus dibuka,” terang Frans.

Sedangkan untuk rute, star pada pukul 05.00 WIB untuk 21K, 06.15 WIB 10K, dan 07.30 WIB 4K di Pantai Pandan Kuning, Petanahan terus ke barat sampai Pantai Cemarasewu, Silumut, Bopong, terus sampai Sawangan untuk katagori 21K kemudian terus mutar ke timur lagi sampai finish ke Pantai Pandan Kuning lagi, acara berakhir pukul 10.00 WIB.

“Pada saat finish semua peserta akan kita beri air minum dan roti. Sementara yang 21K dan 10K sebelumnya kita sudah berikan Racepack yang isinya kaos, no urut dada, dan makanan berkalori. Sedangkan yang 4K hanya kita beri snack,” ucapnya.

Peserta kategori 21K dan 10K banyak yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Seperti dari Surabaya, Purworejo, Magelang, Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Kudus, Bekasi, Temanggung, Sukoharjo, Malang, Wonogiri, Banyumas, bahkan ada yang berasal dari luar negeri, yaitu berasal dari Kenya.Sedangkan untuk kategori 4K, mayoritas berasal dari Kebumen.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memastikan pelaksanakan Kebumen Beach Half Marathon sama sekali tidak mengunakan uang APBD, semua ini murni dari masyarakat untuk masyarakat.

“Yang perlu saya tekankan bahwa Kebumen Mendegam tidak menggunakan APBD, ini dari masyarakat untuk masyarakat,” ujarnya.

Diadakannya kegiatan ini tidak lain untuk mengeliatkan lagi perekonomian masyarakat, juga sekaligus untuk lebih mengenalkan lagi wisata Kebumen kepada masyarakat luas. “Saya yakin ini memberikan multi efek bagi masyarakat, karena ketika ada keramaian pasti roda perekonomian meningkat,” tandasnya.(KP/k24/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com