KEBUMEN, KebumenPost.com – Untuk memenuhi target pendapatan pajak di tahun 2022, Unit Pengelola Pajak Daerah (UPPD) Samsat Kebumen melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap kendaraan khususnya plat merah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini merupakan bagian dari menjalankan program ‘’Gadis Pantura’’ atau Gerakan Disiplin Pajak Untuk Rakyat.

Sidak dilakukan Selasa 22 Maret 2022, di halaman kantor Setda Kebumen. Kegiatan melibatkan unsur Satpol PP dan Dinas BPKPD Kebumen.

Kepala UPPD Samsat Kebumen Aty Ujiati, SH, M.Si melalui Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor Irawan SIP MM menjelaskan, dari hasil sidak, ditemukan sejumlah kendaraan yang terlambat pajak. Kendati begitu, setelah di konfirmasi, pajak pun langsung dibayarkan.

‘’ Hari ini kami melakukan sidak kendaraan dinas dan kendaraan yang digunakan ASN, ini untuk mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hasil sidak masih ditemukan kendaraan dinas yang terlambat pajak, namun setelah dikonfirm memang benar dan akan segera dibayar pajaknya, ada juga kendaraan milik ASN yang langsung melakukan pembayaran diloket samsat,’’jelasnya.

Irawan mengatakan, pasca pandemi covid 19, target penerimaan pajak daerah meningkat dari tahun tahun sebelumnya. Dimana tahun 2022 target PKB sebesar Rp 128.450.531.000,- dan BBNKP sebesar 75.285.642.000.

Samsat Kebumen memiliki sejumlah program, salah satunya pelayanan mobile atau samsat keliling dan juga pelayanan door to door. Program tersebut, juga mampu mendongkrak pendapatan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain itu, Samsat Kebumen juga membuka gerai Samsat Cepat di Kecamatan Gombong dan juga Samsat Paten yang berada di Kecamatan Ayah. Termasuk menambah jam pelayanan agar masyarakat yang akan membayar pajak kendaraannya bisa lebih longgar dalam memilih waktu.

Sedangkan untuk program Gadis Pantura, ditujukan kepada instansi Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kebumen. Dengan harapan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjadi teladan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

” Program Gadis Pantura yaitu gerakan disiplin pajak untuk rakyat, gerakan ini untuk mengoptimalkan penerimaan terutama dari sisi pajak kendaraan bermotor, utamanya juga plat merah yang ada di Kabupaten Kota dan kendaraan pribadi yang digunakan oleh Aparatur Sipil Negara. ASN diharapakan menjadi teladan dalam rangka untuk pembayaran pajak kendaraan,”imbuhnya. (DR/k24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com