KEBUMEN, Kebumenpost. – Kamis, 22 Februari 2024 Universitas Putra Bangsa mengadakan seminar di Aula Universitas Putra Bangsa dengan tema Cara Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Acara ini menghadirkan narasumber dari Dinas Sosial P3A yaitu Marlina Indrianingrum S.KM., M.Kes., Rektor Universitas Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho S.E., M.M., dan puluhan mahasiswa Universitas Putra Bangsa.

Rangkaian acara ini diawali dengan pembukaan, sambutan dari Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. selaku Rektor Universitas Putra Bangsa dan dilanjutkan dengan perkenalan serta penyampaian seminar oleh narasumber dari Dinsos P3A Marlina Indrianingrum S.KM., M.Kes. yang berisi data statistic tentang pelaporan tindakan kekerasan seksual di Kebumen, sanksi-sanksi hukum tentang pelaku tindakan kekerasan seksual, contoh-contoh tindakan kekerasan seksual yang sudah dilaporkan ke Dinas Sosial, solusi dan cara teknis pelaporan ke Dinas terkait, kemudian dilanjutkan sesi talkshow.

Marlina Indrianingrum, S.KM., M.Kes. selaku narasumber menyampaikan sebuah pesan bahwasanya pengetahuan mahasiswa UPB harus meningkat tentang permasalahan kekerasan seksual, dan jangan takut melapor ketika menjadi korban atau melihat ada yang menjadi korban. Kita harus berani speak up dan berani melapor.

Pelaksana seminar Dr. Sulis Riptiono S.E., M.M. selaku Ketua Lembaga Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa dan Tracer Study (PKMTS) UPB mengatakan seminar ini ditujukan untuk mahasiswa dan dosen guna mengetahui cara pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus Universitas Putra Bangsa maupun di lingkungan keluarga. Kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan agar mahasiswa dan dosen mengerti tentang pencegahan secara dini baik secara verbal maupun non verbal.

“Harapan dari acara ini, tidak akan terjadi kekerasan seksual di lingkungan kampus kita. Kalaupun itu terjadi, si korban itu harus segera melaporkan kepada kami dan akan dilakukan tindakan tegas atas kasus tersebut.” Harap Dr. Sulis Riptiono S.E., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com