KEBUMEN, KebumenPost.com – Haikai Kaktus, UMKM budidaya tanaman kaktus dan sekulen di Kota Kebumegn, sukses mencuri perhatian pecinta tanaman hias. Salah satu pegiat budidaya kaktus di Kebumen adalah Rahajeng Amalia dan suaminya Adam. Usaha yang diberi nama Haikai Kaktus ini awalnya berdiri di Yogyakarta pada tahun 2019 dan kemudian dipindahkan ke Kebumen pada akhir 2020, yang beralamat di Jalan Kenanga No116b RT 03 RW 04, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen

Kisah sukses ini dimulai dari kegemaran Adam terhadap pemeliharaan kaktus. Ajeng, menceritakan bahwa suaminya memiliki hobi yang mendalam terhadap tanaman kaktus tersebut. Kecintaannya pada kaktus bukan hanya sekadar kegemaran, tetapi juga menjadi pemicu untuk mengembangkan koleksinya menjadi sebuah usaha.

Dengan semakin bertambahnya koleksi kaktus, Ajeng dan Adam mulai memikirkan ide untuk menjadikan kegemaran ini sebagai sebuah usaha. Mereka melihat potensi pasar dan minat yang meningkat terhadap tanaman hias, khususnya kaktus, sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pada awalnya, Ajeng mengaku tidak terlalu telaten dalam merawat kaktus. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai mempelajari cara merawat kaktus yang baik dan benar. Ia juga mulai menambah koleksi kaktus impornya.
Dalam proses budidaya kaktus, sebagian kaktus dapat dibiarkan untuk tumbuhkan anak-anak di sampingnya. Anak-anak ini dapat dipotong dan ditempatkan di atas media tanam untuk tumbuh secara mandiri. Selain itu, untuk kaktus impor yang berbunga, proses perkawinan silang sangat menarik. Bunga kaktus Impor dikawinkan dan dipolinasi, yang kemudian berkembang menjadi biji. Setelah proses ini selesai, biji tersebut dapat ditanam melalui metode semai untuk menghasilkan tanaman baru yang unik.


“ Untuk prosesnya ada sebagian kaktus yang dia itu tumbuh anaknya disamping-sampingnya gitu, jadi nanti anak-anaknya bisa kita pisahkan, terus ditaruh di atas media tanam. Nanti dia bisa tumbuh sendiri. Ada juga untuk kaktus impor yang dia berbunga lalu bunganya kita silang, kita polinasi nanti bunganya itu lama-lama akan menjadi biji, nanti setelah itu bijinya kita semai,” ujar Ajeng saat diwawancarai, Kamis(11/1/2024).

Saat ini, Haikai Kaktus telah memiliki lebih dari puluhan varietas kaktus dan sekulen. Jenis-jenis kaktus yang tersedia di antaranya Astrophytum, Gymnocalycium, Mammillaria, Echinopsis, Haworthia, Opuntia, Echeveria, dan Agave. Ukuran dan bentuk kaktus yang tersedia juga bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar, dan dari yang bulat hingga lonjong.

Harga kaktus yang dijual di Haikai Kaktus bervariasi, mulai dari Rp15.000 hingga ratusan ribu rupiah. Harga tersebut tergantung pada jenis, ukuran, dan keunikan kaktus tersebut.

Ajeng mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi dalam usahanya ini adalah masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kaktus. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kaktus adalah tanaman yang mahal dan sulit dirawat. Meskipun demikian, Ajeng dan Adam tetap optimis dengan usahanya. Ia berharap dapat memperkenalkan tanaman kaktus lebih luas ke masyarakat Kebumen.

Ditulis Oleh : Inayah Wulandari (Mahasiswi Universitas Putra Bangsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com