KEBUMEN, KebumenPost.com – Sebanyak 348 mahasiswa Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen Program Sarjana dan Diploma mengikuti Sidang Terbuka Senat Wisuda. Peserta wisuda terdiri atas 308 wisudawan program sarjana dan 40 wisudawan program diploma.

Wisuda ke XIX berlangsung di Hotel Trio Azana Style Kebumen, Kamis 27 Oktober 2022. Hadir Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah 6 Jawa Tengah, Pembinan Yayasan Dr. Susanti Widhiastuti, SE., MM, Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Dr H Slamet Ahmadi MM, dan segenap civitas akademika UPB serta wali wisudawan.

Rektor UPB Dr Gunarso Wiwoho SE MM menyampaikan wisuda kali ini mahasiwa yang berhasil memperoleh predikat kelulusan cum-laude dari Program Studi S1 Manajemen berjumlah 74 orang. Sedangkan dari Program Studi D3 akuntansi berjumlah 24 orang.

Lebih jauh Gunarso mengatakan, untuk menjaga tali silaturahmi antar alumni mereka diminta bergabung dengan Ikatan Alumni Universitas Putra Bangsa (IKAPABA). Termasuk diminta mendukung program tracer study. Ini sebagai upaya untuk mengetahui relevansi lulusan UPB dalam dunia kerja. Yakni kesesuaian proses (link and match) pendidikan di UPB dengan kenyataan di dunia kerja.

Gunarso menambahkan, pada periode Wisuda XIX ini merupakan wisuda kedua Universitas Putra Bangsa setelah melakukan transformasi menjadi universitas. UPB kini memiliki dua fakultas dan enam program studi, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Akuntansi, Manajemen, Bisnis Digital, dan FST, Sains Data, Agribisnis, Informatika/Ilmu Komputer.

Selain itu, UPB juga telah menambah Program Studi D3 Perhotelan, S1 Akuntansi dan program Pascasarjana Magister Manajemen (MM).

‘’ Alhamdulilah Oktober kemarin kami baru menerima SK Pascasarjana Magister Manajemen (MM). Ini Sebagai bentuk komitmen kami untuk menyediakan perguruan tinggi kepada masyarakat Kebumen khususnya,”pungkasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Dr H Slamet Ahmadi MM menambahkan, selama ini UPB terus berupaya memberikan pembekalan pengetahuan terbaru dan terbaik kepada para mahasiswa. Ini tentunya atas dukungan tim rektorat yang selalu bekerja keras demi kemajuan dan sikap mahasiwa.

Ahmadi berpesan kepada wisudawan untuk menjadi pribadi yang berprestasi, dimana, prestasi memiliki dua pengertian, yakni umum dan istilah singkatan. Prestasi memiliki arti Produktif, kemudian Responsif, Empati, ikuti Sistem dalam bekerja, Terukur, Adaptip, Sinergi, dan terakhir selalu Inovasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menyampaikan atas nama pemerintah pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh wisudawan dan UPB Kebumen. Menurutnya, wisuda ditengah era kompetisi merupakan tantangan yang harus dijawab dengan cerdas. Terlebih di era kompetisi sekarang ini, generasi bangsa harus tetap menjadi pribadi yang optimistis.

Rista mengatakan, Wisudawan-wisudawati harus mampu bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu menciptakan lapangan kerja, maupun berwirausaha, sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru guna akslerasi kemajuan daerah. Mendukung terwujudnya Kebumen Semarak.

“Kepada lembaga pendidikan, perlu diingat pula bahwa saat ini masyarakat dan dunia kerja semakin menuntut kualitas. Untuk itu peningkatan kualitas perlu dilakukan secara terus menerus. Karena kualitaslah yang menentukan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Kualitas pendidikan akan memberi dampak yang signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia dan daya saing bangsa dalam percaturan global. Oleh karena itu, untuk kepentingan masa depan bangsa, marilah kita wujudkan komitmen yang kuat untuk memberikan pendidikan yang terbaik pada masyarakat,”imbuhnya.

Disisi lain Wabup menyatakan untuk penyerapan tenaga kerja, pemerintah telah membuka perekrutan ASN hingga P3K dan bahkan berencana mendirikan pembangunan pabrik. Meski begitu, pada prinsipnya pemerintah mendorong generasi muda untuk menjadi entrepreneur agar mandiri dan berinovasi sehingga bisa mencipatakan lapangan kerja. (KP/k24/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com