PEJAGOAN, KebumenPost.com – Upaya untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Kebumen terus digiatkan. Salah satunya seperti kegiatan yang diadakannya oleh Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia Unit Universitas Putra Bangsa yaitu Seminar Kebencanaan yang bertemakan “Membangun Peran Mahasiswa yang Sigap dan Tanggap Terhadap Darurat Bencana. Minggu 25 September 2022, bertempat di Aula Universitas Putra Bangsa

Kegiatan Seminar Kebencanaan ini digelar dalam rangka kerjasama antara KSR Universitas Putra Bangsa dengan PMI Kabupaten Kebumen. Selain itu kegiatan ini juga didukung dan dibantu oleh PMI Jepang. Seminar Kebencanaan ini kurang lebih diikuti oleh 100 mahasiswa. Baik mahasiswa Universitas Putra Bangsa ataupun tamu undangan dari beberapa kampus yang ada di Kebumen

Pada kegiatan ini, KSR UPB mengundang dua narasumber di Seminar Kebencanaan ini. Adapun narasumber pertama, yaitu Rey Hera dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen. Di Seminar ini, Rey Hera menyampaikan materi tentang ancaman bencana, baik bencana alam, bencana non-alam, maupun bencana sosial beserta dampaknya kepada audience.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua yang diisi oleh Totok Ary Setyanto dari Kabid PB dan Relawan PMI Kebumen. Totok menyampaikan materi tentang peran mahasiswa dalam kebencanaan. Baik dalam mitigasi, saat terjadi bencana, ataupun pasca-bencana. Menurutnya, mahasiswa bisa menjadi Agent of Change , Iron Stock, Moral Force, dan Social Control terutama dalam upaya penanggulangan bencana.

Ketua Panitia Seminar Kebencanaan  berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan bagi mahsiswa tentang kebencanaan.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan dan menambahkan wawasan tentang kebencanaan. Dan kedepannya mahasiswa juga dapat turut aktif dalam setiap isu kebencanaan. Baik di lingkungan kampus, ataupun di lingkungan masyarakat.” Harap Multi, selaku Ketua Panitia di Seminar Kebencanaan ini.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan doorprize bagi mahasiswa yang turut aktif dalam bertanya dan memberikan tanggapan dari narasumber. Selain itu ada juga hadiah yang diberikan panitia kegiatan kepada peserta terbaik yang upload story di Instagram dengan men-tag akun KSR Universitas Putra Bangsa (BK/dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com