KEBUMEN, KebumenPost.com – Dua desa di Kabupaten Kebumen telah dibentuk menjadi Kampung pancasila. Yakni Desa Karangglonggong, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen dan Desa Sidayu Kecamatan Gombong.

Peresmian Desa Karangglonggong menjadi Kampung Pancasila yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita di Tugu Pancasila dilakukan Komandan Kodim 0709, Letkol Inv. Edwar Hendri S.I.P. pada Kamis 2 Juni 2022.

Camat Klirong Eko Purwanto dan Forkopimcam, Jajaran Perwira Kodim 0709, Paguyuban Kades se Kecamatan Klirong, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat turut hadir pada acara tersebut.


Letkol Inv. Edwar Hendri S.I.P mengatakan, Kampung Pancasila merupakan program arahan dari KSAD Jendral TNI Dudung Abdurachman SE, MM. Adapun tujuanya adalah untuk menjaga kesatuan dan persatuan serta rasa saling menghargai dan tetap berpedoman pada ideologi Pancasila. Tujuanya yakni untuk mencegah berkembangngya radikalesmi di Kabupaten Kebumen.

“Ini salah satu upaya untuk menangkal radikalisme dan mencegah tidak berkembangnya paham radikal di Kabupaten Kebumen”, Jelasnya.

Dandim menjelaskan, dipilihnya Desa Karangglonggong lantaran sudah terjalinya persatuan di masyarakat dan toleransi antar umat beragama. Termasuk kebersamaan serta budaya gotong royong yang berjalan dengan baik.

‘’Kedepan Pencanangan Kampung Pancasila ajan dilakukan di setiap kecamatan bahkan tiap desa di Kabupaten Kebumen.’’imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Karangglonggong, Mokhamad Khamid menuturkan adat istiadat telah dijunjung tinggi dari sejak dulu. Selain itu komunikasi yang baik antar umat beragama, dan sikap toleransi, dengan begitu tidak pernah terjadi gesekan gesekan di masyarakat.

‘’ Semoga dengan dicanangkannya kampung pancasila ini dapat menambah guyub rukun warga dan lebih semangat lagi dalam menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.’’ujarnya.
(KP/k24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com