KEBUMEN, KebumenPost.com – Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto S.H secara resmi membuka lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2022. Lomba diikuti 139 peserta dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Pembukaan berlangsung di Pendopo Kabumian Kebumen Sabtu, 23 April 2022. Hadir Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih S.ST, M.M, Sekda Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Kemenag Kebumen H. Ibnu Asadudin, camat se Kabupaten Kebumen serta pejabat terkait.

Ketua Panitia Ahmad Ujang Sugiono menyampaikan kegiatan bertujuan memeriahkan peringatan nuzulul Qur’an di bulan Ramadhan. Selain itu untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’an.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatakn kecintaan masyarakat Kebumen terhadap Al Quran. meningkat kualitas qori dan qoriah Kabupaten Kebumen, Ketiaga sebagai ajang silaturahim qori dan qoriah di Kabupaten Kebumen, Keempat sebagai parameter dan pembinaan tilawatil quran dimasing-masing Kecamatan.

Lomba terdiri dari jenis 4 kategori diantaranya tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa dan cabang satu juz dan tilawah. Tilawah anak sebanyak 49 peserta, tilawah remaja 49 peserta, tilawah dewasa 41 peserta, cabang satu juz dan tilawah 47 peserta.

Pemenang lomba akan diambil juara 1, 2, 3 dan berhak menerima trophy, penghargaan serta uang pembinaan. Nantinya para juara terbaik akan mewakili Kebupaten Kebumen untuk mengikuti lomba MTQ ditingkat profinsi.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati menyampaikan bangga dengan seni membaca Al Qur’an di Kebumen masih terjaga. Ini terbukti dari masing-masing Kecamatan yang telah mengirimkan perwakilannya.

Bupati mengatakan sebagai muslim kita harus mengamalkan Al Qur’an dengan sebetul-betulnya dengan memperbanyak membaca dan mengkhatan Al Quran. Terlebih dibulan suci Ramadhan dimana Al Qur’an diturunkan.

“Suatu kebahagiaan bagi kita bahwa saat seni membaca Al Quran tetap terjaga dengan baik di Kabupaten Kebumen. Untuk mewujudkan suatu Kabupaten yang bermartabat yaitu bermartabat dilandasi dengan akhlak. Dan yang paling penting adalah Al Quran ini sebagai ruh umat muslim, kita harus mengamalkannya dengan sebetul-betulnya.” ucapnya.

Bupatti mengatakan MTQ meruapakan keseriusan pemerintah daerah untuk meningkatkan semangat masyarakat Kebumen dalam mempelajari Al Qur’an. Ia berharap para juara nantinya bisa mewakili Kabupaten Kebumen untuk menjadi juara MTQ ditingkat profinsi.

“Saya selaku bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dan saya harapkan pemenangnya nanti dapat mewkili Kabupaten Kebumen menjadi juara di tingkat profinsi nanti.”pungkasnya. (KP/Ilham).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com