KEBUMEN, KebumenPost.com,- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau sekaligus mengunjungi pengungsian korban banjir dan tanah longsor di Kebumen. Salah satunya di tempat pengungsi di Balaidesa Kedungwaru Kecamatan Ayah Rabu Malam, 16 maret 2022.

Pada kesempatan itu, Ganjar membagikan mainan kepada anak anak terdampak banjir di Pengungsian. Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto dan pejabat terkait serta sejumlah relawan.

Kedatangan orang nomor 1 di Jawa Tengah ini disambut penuh antusias oleh warga khususnya Anak anak pengungsi korban banjir dan tanah longsor. Ganjar pun langsung berinteraksi dengan anak anak sembari memberika semangat.

Ganjar menjelaskan, kedatangannya ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap korban terdampak bencana. Termasuk ia ingin mengibur mereka, terutama untuk mengurangi rasa trauma. Terlebih sudah hampir dua hari korban tinggal di pungungsian.

” Biar anak anak ini senang, memang banyak yang suka mainan tadi aja langsung diserbu anak anak,” ujar Ganjar.

Disisi lain, Ganjar juga meminta kepada masyarakat untuk tetap siaga. Ini bisa bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat tradisional seperti kentongan atau perangkat lainnya sebagai tanda ketika ada bahaya bencana.

Menurutnya, mitigasi bencana bisa dilakukan dengan alat sederhana yakni kentongan. Kentongan tersebut bisa menjadi tanda yang merupakan warisan para leluhur.

” kalau semua masyaakat sadar bencana, kalau jaman dulu pakai kentongan ya, pakai kentongan saja, tanda tanda bahaya pake tanda tanda tradisional sehingga mereka tahu harus apa dan jalur evakuasinya disiapkan,”katanya.

Adanya bencana ini, Ganjar bepersan kepada masyarakat agar bersabar menerimannya. Pemerintah daerah dan provinsi pasti akan melakukan yang terbaik untuk warganya yang terdampak.(*k24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com