KEBUMEN, KebumenPost.com – Universitas Putra Bangsa Kebumen, Jawa Tengah menggelar wisuda ke 18 untuk program Sarjana dan Diploma. Wisuda kali ini cukup special karena menjadi wisuda pertama setelah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa berubah bentuk menjadi Universitas Putra Bangsa.

Acara berlangsung dengan penuh khidmat di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Kamis 16 Desember 2021 kemarin. Hadir Hadir mewakili Bupati, Sekda Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono S.H, Ketua Yayasan Putra Bangsa Dr. H. Slamet Ahmadi, M.M., Rektor Universitas Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M., Perwakilan Lembaga Layanan Dikti Wilayah 6 Jawa Tengah, dosen serta karyawan.

Dalam sambutanya, Dr. Gunarso Wiwoho mengatakan wisuda ini sebagai bentuk kontribusi sumber daya manusia (SDM) berpendidikan tinggi bagi pembangunan bangsa dan negara. Wisuda kali ini sedikitnya diikuti 257 Mahasiswa yang terdiri dari 228 Wisudawan Program Studi Manajemen Sarjana  dan 29 Wisudawan Program Studi Akuntansi Diploma.

Adapun wisudawan yang berhasil memperoleh predikat kelulusan Cum-laude dari program studi Sarjana Manajemen yakni berjumlah 47 dan dari program studi Diploma akuntansi berjumlah 10 orang.

Sedangkan wisudawan dengan usia termuda sampai hari ini yaitu atas nama Riastiti Prabandini dari program D3 Akuntansi dengan IPK 3,51 lahir di Kebumen tanggal 2 Juli 2000, saat ini tepat berusia 21 Tahun 5 Bulan 14 Hari. Kemudian Norma Chusnul Suryagani dari program S1 Manajemen dengan IPK 3,53 lahir di Kebumen tanggal 27 November 1999, saat ini tepat berusia 22 Tahun 0 Bulan 19 Hari.

‘’ Selanjutnya wisudawan termuda pada Wisuda ke 18 atas nama Endah Oktaviani. Lahir di Jakarta 28 Oktober 2000 saat ini tepat berusia 21 Tahun 1 Bulan 19 Hari dengan IPK 3,37 dari Program Studi D3 Akuntansi.’’ jelasnya.

Kepada 57 Wisudawan yang meraih predikat Cum-laude Dr. Gunarso menyampaikan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi akademik yang telah dicapai. Tak tekercuali kepada para dosen pihaknya menyampaikan terimakasih atas kinerja terbaik dan adaptabilitas yang luar biasa dalam mensiasati situasi proses pembelajaran di era Pandemi ini.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jerih payah dan prestasi akademik yang telah dicapai. Apresiasi yang tinggi juga saya sampaikan kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Putra Bangsa. Tak lupa Kami juga berterimakasih kepada seluruh Dosen, dan Seluruh Staf Universitas Putra Bangsa atas kinerja terbaiknya,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut Dr. Gunarso menyampaikan berbagai upaya perbaikan dan peningkatan mutu terus dilakukan. Termasuk melalui berbagai kegiatan Program Pelatihan dan Pengembangan serta Studi lanjut Dosen dan Karyawan.

“ Kini Universitas Putra Bangsa memiliki Dosen dengan kualifikasi Doktor atau S3 dengan jumlah 10 orang, dan kembali memfasilitasi 4 (+ 1) orang Dosen menempuh pendidikan jenjang Doktoral atau S3 melaluiprogram beasiswa LPDP dari pemerintah,” ucapnya.

Selain itu, Dr Gunarso Wiwoho memaparkan terkait pengembangan program peningkatan sarana dan prasarana Perkuliahan. Salah satunya melalui Pembangunan Gedung Perpustakaan dan Aula. Kemudian sebagai upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan penyesuaian pengajaran terhadap situasi pandemi Lembaga Jaminan Mutu (LPM) UPB menyelenggarakan kegiatan pelatihan “Pembuatan E-Book untuk Mendukung Pembelajaran Daring”.

Terakhir Dr. Gunarso Wihoho menyampaikan kepada segenap wisudawan agar dapat segera mengabdikan diri secara penuh kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki. Menurutnya terdapat 3 hal penting yang harus dimiliki wisudawan agar menjadi generasi penerus yang tangguh.

Diantaranya, Think bigger and globally, agar dapat berkompetisi dengan negara-negara lain yang lebih maju. Cut the cycle, kurangi cara-cara kerja sebelumnya yang tidak efektif agar tidak terjebak mengulangi siklus yang sama. Temukan cara berpikir atau inovasi baru agar dapat berkembang lebih baik. Have the resiliency, agar dapat menjadi pribadi yang kokoh dan dapat tidak mudah menyerah menghadapi setiap kesulitan yang muncul.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Bupati Kebumen yang dibacakan okeh Sekda menyampaikan selamat kepada segenap mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Putra Bangsa. Ia berharap Universitas Putra Bangsa dapat terus mencetak generasi muda yang intelektual dan dapat menjadi bagian penting dalam pembangunan daerah.

” Semoga kedepan Universitas Putra Bangsa terus melahirkan intelektual-intelektual muda yang akan menjadi bagian penting dari perjalanan kabupaten kebumen di dalam membangun, memasukan dan mensejahterakan daerah.” Ucap Bupati. (KP/HAM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com