KEBUMEN, KebumenPost.com – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menyelenggarakan vaksinasi massal untuk pelajar/santri dan masyarakat secara door to door di sejumlah Kabupaten, salah satunya Kebumen. Vaksinasi jenis pfitzer ini dilakukan ke sejumlah sekolah, seperti SMAN 2 Kebumen,SMK Maarif 4 Kebumen dan MAN 2 Kebumen. Termasuk  door to door di Kelurahan Panjer untuk masyarakat umum.

Kegiatan berlangsung serentak, selasa 14 desember 2021. Untuk SMA N 2 Kebumen, vaksinasi dikuti sekitar 742 pelajar. Kegiatan melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas 3 kebumen dan juga pelajar yang membantu menginput data peserta vaksinasi.

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M dalam rilisnya menyampaikan,untuk Kebumen sendiri vaksinasi diberikan sekitar 4000 dosis. Masyarakat setelah mendapatkan vaksin diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena pandemi belum berakhir, terlebih adanya ancaman mutasi jenis baru seperti varian Delta Plus dan Omicron.

‘’Adanya kegiatan vaksinasi ini, kami berharap kekebalan komunal / herd immunity dapat segera terbentuk, dan aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala. Vaksinasi anak pelajar usia 6 sd 11 tahun juga akan segera dilaksanakan terlebih sudah ada ijin penggunaan vaksin jenis Sinovac untuk anak. ‘’ujarnya.

Kepala Sekolah SMA 2 Kebumen Basir S.Pd, M.Pd menyampaikan dengan adanya kegiatan vaksinasi dosis 2 kali ini, para siswa SMA Negeri 2 Kebumen telah 100 persen tervaksin covid 19. Dengan begitu pembelajaran tatap muka nantinya bisa berjalan lancar. Terlebih sekolah tersebut telah menerapkan PPKM level 2 pada beberapa waktu lalu.

‘’ Kami telah menerapkan pembelajar tatap muka, meski belum sepenuhnya. Hal ini sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah yakni hanya boleh 50 persen siswa yang mengikuti PTM. Semoga bulan Januari mendatang pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan 100 persen.‘’ ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kebumen 3 Mira Maria Mirza menambahkan jumlah pelajar yang telah tervaksin di kecamatan Kebumen kini mencapai 90 persen siswa untuk dosis 1. Sedangkan, untuk dosis ke 2 baru terlaksana sekitar 25 persen. Ini  dikarenakan program vaksinasi dosis 2 untuk pelajar baru dilaksanakan pada minggu ini.

‘’ Untuk kegiatan vaksinasi di SMA Negeri 2 Kebumen ini ada 20 tenaga medis dari Puskesmas Kebumen 3, yang terbagi 8 tenaga skrining kesehatan, 8 orang petugas vaksinator dan 4 orang penginput data. Mereka juga dibantu oleh para siswa SMA N 2 Kebumen, untuk menginput data pelajar yang telah tervaksin.’’jelasnya,

Salah seorang siswa SMA N 2 kebumen Magani Aneyra Nazhakena Siswi Kelas X mengatakan vaksinasi kali ini merupakan pengalaman kedua usai divaksin dosis pertama pada beberpa waktu lalu. Menurutnya dengan mengikuti vaksinasi ini, bisa melindungi diri sendiri dari wabah covid 19.

‘’ Semoga proses belajar mengajar bisa kembali normal seperti semula dan virusnya cepat hilang, biar bisa mulai pembelajaran normal,” Harapnya.(KP/HAM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com