KEBUMEN, KebumenPost.com – Dalam rangka memperluas dan meningkatkan akses dan mutu layanan PAUD bagi anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Kebumen gencar melakukan pendampingan Program Paud Holistik Integratif. Salah satunya dilaksanakan di TK Pertiwi 14.1.1 Kelurahan Bumirejo Kebumen, Selasa 9 November 2021.

Hadir secara langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti Sugiyanto yang sekaligus Bunda TK Pertiwi Kabupaten Kebumen. Selain itu Camat Kebumen Suis Idawati, Kepala Sekolah TK Pertiwi 14.1.1 Kebumen Suci Rahmawati Spdi, Pemerintah Kelurahan Bumirejo serta para guru.

Pada kesempatan itu Iin Windarti Sugiyanto menyampaikan program ini sekiranya dapat dilaksanakan secara terpadu. Ini dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan yang terkait dengan layanan pendidikan, baik kesehatan gizi, pengasuhan dan perlindungan bagi anak usia dini di lembaga-lembaga layanan PAUD.

Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan program layanan bagi lembaga-lembaga PAUD lainnya bisa terus maju dan berkembang. Untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mendukung program tersebut.

‘’ Agar berjalan lancar ini tentunya juga butuh dukungan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pelayanan bagi anak usia dini di lembaga-lembaga PAUD,’’ ujarnya.

Lebih jauh Iin juga mengingatkan pentingnya protokol kesehatan dimasa pandemi covid. Terlebih saat ini pembelajaran tatap muka hampir seluruhnya telah dilaksanakan.

Sementara itu, Suis Idawati yang juga merupakan Bunda TK Pertiwi Kecamatan Kebumen mengatakan pihaiknya terus upaya mendukung program pendidikan khususnya ditingkat usia dini. Termasuk telah meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk mengalokasikan anggaran desa nya untuk kepentingan PAUD dan TK. Ini dilandasi dari Surat Peraturan Bupati no 66 tahun 2018, dimana penggunakan dana desa dibidang dua, bisa digunakan untuk pendanaan penyelenggaran PAUD TK.

‘’ Sejuah ini saya melihat dukungan desa terhadap pandidikan PAUD dan TK sudah baik, namun akan kita tingkatkan lagi,’’ ucapnya.

Suis menjelaskan, di Wilayah Kecamatan Kebumen setidak terdapat sekitar 29 TK dibawah yayasan Dian Dharma Setda Kebumen. Dimana seluruhnya kini telah melaksanakan pembelaran tatap muka dengan penerapan prokes secara ketat.

‘’ Hampir seluruhnya sudah menerapkan Pembelajaran tatap muka, namun dengan Prokes yang ketat.’’ jelasnya. (KP/Ham).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com