KEBUMEN, KebumenPost.com – Untuk mengantisipasi kejahatan di malam hari, Polres Kebumen gencarkan “Blue light patrol” (BLP) atau patroli dengan menyalakan lampu rotator warna biru khas Polri.

Seperti yang dilakukan oleh petugas patroli Polsek Klirong melakukan kegiatan BLP menggunakan mobil patroli backbone, Rabu 6 Oktober 2021. Petugas patroli menyambangi objek vital, perkantoran, sekolahan, hingga pemukiman warga.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, BLP dilaksanakan sebagai pencegahan pada jam rawan kejahatan.

“Minimal dengan mobil patroli kita selalu mobiling pada jam rawan, pelaku kejahatan akan berfikir dua kali saat akan melakukan aksinya,” jelas Iptu Tugiman.

Sesekali mobil patroli berhenti di Pos Ronda dan menyapa warga yang sedang melaksanakan piket ronda malam. Mobil patroli termasuk dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

Salah satu berhasilan BLP yakni menurunnya angka kejahatan di suatu wilayah. Masyarakat akan istirahat lebih jenak saat mobil patroli menyambangi suatu wilayah.

Cahaya birunya yang cukup menyilauakan dapat terlihat dari balik semak-semak, sehingga pelaku kejahatan mengetahui jika wilayah tersebut sedang disambangi polisi.(KP/Ham).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com