KEBUMEN, KebumenPost.com – Polres Kebumen mengeluarkan dispensasi perpanjangan SIM selama kebijakan PPKM Level 4 di Kabupaten Kebumen. Hal itu berdasarkan surat telegram Kapolri pada tanggal 26 Juli tentang dispensasi perpanjangan SIM masa PPKM.

Bagi warga masyarakat yang masa berlakunya SIM nya telah habis pada tanggal 3 Juli sampai 2 Agustus 2021, diberikan kelonggaran atau dispensasi perpanjangan dari tanggal 3 sampai 7 Agustus tanpa mengulang test dari awal.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, dispensasi diharapkan dapat meringankan warga masyarakat di tengah kebijakan PPKM Level 4. Dengan begitu jika SIM telah habis masa berlakunya dari tanggal 3 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021, bisa diperpanjang tanpa test dari awal.

“Biasanya jika masa berlakunya lewat satu hari, SIM tidak bisa diperpanjang, tetapi mekanisme diterbitkan baru. Pada masa dispensasi ini, meski telah lewat tanggal berlakunya SIM, bisa langsung diperpanjang. Tanpa mengulang test dari awal,” jelas Iptu Tugiman, Jumat 30 Juli 2021,

Perbedaan diterbitkan baru dan perpanjangan yakni pada mekanisme pembuatan SIM itu sendiri.  Jika perpanjangan, pemohon tidak perlu mengikuti rangkaian test dari awal, cukup datang sambil membawa persyaratan yang telah ditentukan, SIM bisa langsung dicetak.

Sedangkan untuk penerbitan SIM baru, pemohon harus mengikuti rangkaian test dari awal dan wajib lulus ujian. Setelah mengikuti rangkaian itu, dan lulus semua test SIM baru bisa dicetak.

“Maka dari itu, mari dicek kembali kapan masa berlakunya SIM. Mumpung ada dispensasi, gunakan kesempatan itu dengan baik,” tukas Iptu Tugiman. (Humans Polres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com