KEBUMEN, KebumenPost.com – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Kebumen diisi dengan berbagai macam kegiatan, salah satunya Kampanye Perlindungan Anak. Menariknya ini dilakukan dengan cara melukis di atas tampah yang berisi pesan anti kekerasan terhadap anak. Termasuk melukis jantung sebagai simbol bahaya merokok.

Acara berlangsung meriah. di Pendopo Kabumian, Kamis 28 Juli 2022. Hadir secara langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, beserta istri Iin Windarti yang menjabat sebagai Bunda Forum Anak, dan diikuti dari Forum Anak Kecamatan serta Kabupaten.

Bupati menyatakan, peringatan HAN Kabupaten Kebumen tahun ini mendapat dua penghargaan sekaligus. Pertama penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai Kabupaten Ramah Anak dua kali berturut-turut 2021 dan 2022.

Kedua, Kebumen tahun ini juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak untuk tingkat Madya dua kali berturut-turut. Penghargaan ini menunjukan pemerintah sangat perhatian terhadap hak-hak anak.

“Penghargaan ini merupakan kado di Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional ini sangat penting karena generasi yang akan datang itu akan dipegang oleh anak-anak generasi sekarang,” ujar Bupati.

Menurutnya, fokus pemerintah saat ini adalah memberikan perlindungan pada anak. dan pengembangan potensi anak. Kemudian pengembangan karakter anak melalui dunia pendidikan, dunia keagamaan, dan dunia kreativitas.

“Hal yang sangat penting juga adalah anak sangat berhak untuk bermain, bergaul, memanfaatkan waktu luang, dan beristirahat. Kita sebagai orang dewasa berkewajiban memberikan perlindungan pada anak terhadap diskriminasi, eksploitasi ekonomi, seksual, kekerasan, penganiayaan, dan sebagainya,” ucapnya.

Selain itu, sebagai bentuk perhatian terhadap hak anak, di HAN ini pemerintah membuat program lomba Sekolah Ramah Anak, dan Puskesmas Ramah Anak. Keduanya ini sangat penting dalam pemenuhan hak anak serta menjadi indikator pembangunan daerah dalam mewujudkan Kebumen sebagai Kabupaten Layak Anak.

Dalam kesempatan itu, pemerintah juga memberikan penghargaan dan hadiah kepada enam sekolah yang menang dalam lomba Sekolah Ramah Anak, dan enam Puskesmas Ramah Anak.

Enam sekolah tersebut yakni, SMP N 1 Kebumen, SMN N 1 Ambal, SMP N 2 Sruweng, MTS N 1 Kebumen, MTS 3 Kebumen dan MTS N 4 Kebumen, Kemudian Puskesmas Ramah Anak pemenangnya adalah Puskesmas Poncowarno, Pejagoan, Sadang, Klirong, Buayan, Padureso. (k24/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com