KEBUMEN, KebumenPost.com – Untuk mengawali program kerja usai lebaran idul fitri, Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kebumen melakukan kunjungan silaturahmi ke sejumlah pihak, salah satunya Tokoh NU Kebumen. Ini sekaligus untuk menyampaikan rencana program kerja terutama Pesantrenpreneur.

Silaturahmi pertama mendatangi kediaman Rois Syuriah PCNU Kebumen KH Afifuddin Al-Hasani di Pondok Pesantren Alkahfi Somalangu Desa Sumberadi Kebumen. Kemudian ke rumah Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar.

Kegiatan dilakukan bersama Ketua RMI NU Kebumen, Gus Fachrudin Achmad Nawai, Sabtu 28 Mei 2022. Silaturahmi dipimpin langsung Ketua Umum BPC HIPMI Kebumen Herwin Kunadi, Sekretaris Umum HIPMI Jenu Arifiadi,SH, Bendahara HM Tursino SE, dan beberapa anggota lainya.

Herwin mengatakan, silaturahmi ini sebagai bentuk penghormatan HIPMI kepada para tokoh dan ulama di Kebumen khususnya NU. Terlebih saat ini masih momen idul fitri.

‘’Pada intinnya kedatangan kami tidak ada sedikitpun kepentingan poltik, namun justru untuk bersama mendukung program pemerintah dan sekaligus mengenalkan keberadaan HIPMI di Kebumen yang tergolong masih sangat baru, termasuk juga kita ingin menyampaikan program kami,’’ujarnya.

Disisi lain Herwin menjelaskan salah satu program kerja yang akan dimatangkan ialah Pesantrenpreneur. Dimana ini merupakan tindak lanjut dari perintah Ketua Umum HIPMI Pusat Mardani Maming yang juga menjabat sebagai Bendahara PBNU.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan kekuatan ekonomi pondok pesantren. Melalui ini, nantinya HIPMI akan hadir di pesantren memberikan pelatihan dan pendampingan kepada santri untuk belajar berwirausaha.

Herwin kembali menegaskan, HIPMI telah berkomitmen mendukung program pemerintah, terutama melalui ekonomi kreatif masyarakat Kebumen. Untuk itu, dengan HIPMI pesantren ini diharapkan lahir pengusaha pengusaha muda akan lahir dari kalangan santri. Dengan begitu dapat meningkatkan prekonomian masyarakat.

”Insya Alloh program ini nantinya akan diketui langsung oleh Gus Harry Muhammad Alhasani selaku pengasuh Ponpes Alhasani. Dengan begitu program diharapkan dapat berjalan dengan baik.’’imbuhnya.

Sementara itu, KH Afiffudin siap mendukung penuh program tersebut. Menurutnya  program ini sangat tepat untuk menambah wawasan kewirausahaan para santri. Dengan begitu, santri tidak hanya mengenal ilmu agama dan formal saja, namun juga bisa menjadi pengusaha yang mandiri.

‘’ Kami tentunya sangat mendukung, program ini bagus, semoga bisa melatih para santri agar semakin mandiri dan ketika mereka telah lulus dari Pondok bisa langsung berwirausaha. Dengan juga diimbangi ilmu agama dari pesantren, maka para santri ini diharapkan menjadi pengusaha jujur, seperti anjuran Nabi Besar Muhammad SAW. ‘’ujarnya.

Hal senada diutarakan Ketua PCNU Kebumen. Pihaknya sangat mengapresiasi adanya program dari HIPMI Kebumen. Utamanya dalam pembentukan Pesantrenpreneur bagi santri.

‘’Ini program bagus, jadi kami intinya siap berkolaborasi untuk kemajuan Pondok Pesantren. Agar kedepan para santri dari Pondok Pesantren juga bisa dikenal sebagai enterpreneur muda yang berakhlakul Karimah.’’ucapnya (KP/k24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com