KEBUMEN, KebumenPost.com – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama pejabat utama Polda Jateng melakukan monitoring kesiapan pengamanan lebaran di Kebumen, Selasa (26/4). Terutama di jalur Pantai Selatan (Pansela)

Pada kesempatan itu, Kapolda memastikan bahwa kondisi jalur Pansela saat ini bisa dilalui para pemudik. Hanya saja, dengan melihat jalur tracknya yang lurus, dan masih minim penerangan jalan, ia mengimbau para pemudik agar lebih berhati-hati.

“Cuma pesen saya, di wilayah kita masih belum ada penerangan lampu yang memadai, sehingga saya imbau nanti harus berhati-hati untuk tidak lengah, karena jalurnya ini sangat bagus sekali jangan sampai terjadi kecelakaan yang fatal karena kelalaian kita,” kata Irjen Pol Ahmad Lutfi saat mengunjungi Pos Pelayanan Mudik Lebaran di Tempat Rumah Makan Haji Tino, Ambal.

Menurutnya, jalur Pansela bisa digunakan sebagai jalur alternatif yang memadai, tatkala jalur utama di perkotaan mengalami kemacetan. “Secara umum Pospam dan Pelayanan masyarakat di jajaran Polda Jawa Tengah  saya liat sudah sangat siap mengamankan mudik lebaran,” ujarnya. 

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan maksimal untuk arus mudik di wilayah Kebumen. Bahkan, operasi ketupat yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2022 telah digelar lebih awal untuk mengakomodasi para pemudik.

“Karena adanya informasi masyarakat sudah mulai mudik ke wilayah Jawa dan Bali maka kita langsung menggelar operasi ketupat, kita mulai mendirikan pospam kita mulai memploting pasukan di titik kerawanan yang akan dilalui pemudik,” ungkap AKBP Piter.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengakui kondisi lampu penerangan jalan yang kurang. Dia pun mengimbau agar masyarakat agar mengurangi kecepatan. Terlebih jalur medanya lurus dengan jalan yang mulus.

“Kebumen memiliki tiga urat jalur besar, jalur utama di sisi utara, Jalan Daendels dan JJLS ini (Jalur Jalan Lintas Selatan). Yang paling penting masyarakat harus menjaga kecepatannya karena ini los betul seperti jalan tol, harus menghindari batas kecepatan maksimalnya, 80 km/jam,” katanya. 

Bupati juga menghimbau kepada pemudik agar tidak segan untuk beristirahat. Jalur Pansela Kebumen kata dia, banyak menyediakan tempat istirahat. Letaknya yang sangat dekat dengan pantai, juga bisa dijadikan tempat untuk wisata. 

“Pemudik juga bisa sekalian berwisata di Kebumen, ada banyak wisata pantai dan agrobisnis di sini. Pemudik bisa menikmati liburan lebaran dengan berwisata di Kebumen,” jelasnya (KP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com