KEBUMEN, KebumenPost.com – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan cagar budaya yang ada di Kebumen agar terlihat semakin indah, rapih dan nyaman untuk para pengunjung.


Hal itu disampaikan Bupati pada saat mengunjungi tempat cagar budaya Martaban Bulupitu di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Rabu (2/2/2022). Martaban Bulupitu adalah cagar budaya berupa makam dari Kanjeng Gusti Ratu Ayu Dewi Nawang Wulan.

“Kebumen ini punya banyak cagar budaya berupa makam, atau petilasan dan juga situs-situs budaya lain. Cagar budaya ini harus terus kita jaga, kita rawat, dan lestarikan untuk pengenalan sejarah anak cucu kita. Sehingga mereka bisa mengenal para pendahulunya,” ujar Bupati.

Seperti halnya, kata Bupati, di Martaban Bulupitu yang sudah dikenal masyarakat sebagai tempat ziarah. Komplek makam ini kata Bupati, akan dikembangkan dengan penambahan faslitas berupa mushala, serta renovasi bangunan.

“Karena ini menjadi salah satu wisata religi di Kebumen. Jadi dengan penambahan mushala ini, peziarah nanti bisa menggunakan untuk ibadah shalat. Karena tamu di sini ada yang sampai menginap, mereka bisa shalat tahajud di mushala.” jelas Bupati.

Kedatangan Bupati ziarah ke komplek Makam Martaban Bulupitu sekaligus dalam rangka upacara Pembukaan Karya Bakti Manunggal yang diadakan Kodim 0709/Kebumen. Program Karya Bakti Manunggal salah satunya adalah merenovasi komplek makam.

Tahun ini, Karya Bakti Manunggal dipusatkan di lima desa, yakni Desa Tunjungseto Kec. Kutowinangun, Desa Clapar Kec. Karangayam, Desa Watulawang Kec. Pejagoan,  Desa Wagirpandan Kec. Rowokele dan desa Kebonsari Kec. Petanahan.

Kegiatannya meliputi pembangunan atau rehabilitasi fisik dan peralatan olah raga dan kesenian. Kesemuanya  untuk mendukung pemberdayaan masyarakat melalui lembaga desa. Bupati meyakini, program ini bisa turut serta membantu mengentaskan Kebumen dari kemiskinan.

“Dengan pembangunan yang dipusatkan di desa diharapkan, bisa ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan begitu Karya Bakti Manunggal ini bisa turut serta membantu mengentaskan kemiskinan di Kebumen,” tandas Bupati. (KP/HAM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com