KEBUMEN, KebumenPost.com – Universitas Putra Bangsa saat ini memiliki program khusus bernama E-Talk UPB yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat melalui konsep podcast. Salah satu podcast yang dirilis pada bulan Agustus tahun ini adalah mengulas tentang prospek karir seorang lulusan Sains Data. Bertindak sebagai host yakni Dr. Irfan Helmy, M.M., dosen Universitas Putra Bangsa, yang ditemani seorang profesional di bidang Sains Data, Yusuf Mufti, M.Sc.

Mufti adalah seorang putra asli Kebumen yang mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan pasca sarjana di luar negeri. Lulusan SMK Negeri 2 Kebumen ini mendapatkan beasiswa penuh di bidang Software Engineering dari King Fahd University of Petroleum and Mineral (KFUPM) yang merupakan salah satu kampus terbaik di Saudi Arabia.

Mufti menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang praktisi Sains Data tidak ada batasan dari lulusan suatu jurusan, sehingga baik lulusan SMA maupun SMK dapat menekuninya. Memang Sains Data akan lebih relevan dengan lulusan SMA IPA, SMK jurusan TKJ, Multimedia, atau RPL, namun tidak dibatasi hanya pada jurusan tersebut.

“Jurusan Sains Data merupakan karir yang prospektif di dalam negeri maupun luar negeri. Di dalam negeri, lowongan kerja sudah mulai banyak dibuka baik di pemerintahan maupun swasta. Beberapa sektor perusahaan yang sudah membuka lowongan kerja di bidang Sains Data antara lain perusahaan perbankan, e-commerce, maskapai penerbangan, Kesehatan, dan industri otomotif” imbuhnya.

Dalam sebuah situs terpercaya, gaji seorang praktisi Sains Data di US paling tinggi dibandingkan praktisi digital lainnya, yakni sekitar 1,5 milyar per tahun. Sedangkan di Indonesia sendiri gaji seorang praktisi Sains Data saat ini berkisar antara 6 juta hingga 30 juta.

Profesi seorang praktisi Sains Data akan bertugas mempelajari kumpulan data yang berlimpah untuk menghasilkan sebuah pengetahuan sebagai acuan pengambilan kebijakan. Perusahaan-perusahaan besar berlomba untuk meningkatkan layanan dan kebijakan mereka dari data yang mereka miliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu, lulusan Sains Data saat ini sangat dicari.

Melihat peluang karir yang baik ini, Mufti memberikan motivasi bahwa seseorang yang mempersiapkan akan lebih besar mendapatkan kesempatan. Kebutuhan lulusan Sains Data masih terbuka luas dan diprediksi akan semakin besar di berbagai bidang industry. Bagi lulusan SMK atau SMA yang tertarik dengan karir Sains Data dan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang baik ini bisa segera mengambil jurusan Sains Data di kampus pilihan.

Irfan Helmy juga menginfokan bahwa pendaftaran mahasiswa program studi Sains Data di kampus Universitas Putra Bangsa masih dibuka hingga akhir Agustus ini. Adapun akreditasi program studi ini sudah berstatus Baik, sehingga kualitas pengajarannya cukup kredibel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com