KEBUMEN, KebumenPost.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2021, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi melaunching program Pembentukan Desa Mandiri Konservasi Dengan “YU DARSI” atau Ayo Sadar Konservasi. Kegiatan juga digelar penanaman 100 ribu bibit Mangrove dan pelepasan 50 ekor burung ke habitatnya, di KEE Lahan Basah Mangrove Muara Kali Ijo Desa Ayah Kecamatan Ayah.

Penanaman mangrove secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama Sekda Ahmad Ujang Sugiono, dan Kepala Disperkim LH Edi Rianto, Rektor UPB Dr. Gunarso Wiwoho, MM. serta sejumlah pejabat lainnya, Sabtu 5 Juni 2021. Selain itu acara juga dilakukan penandatanganan MOU antara Dinas Perkim LH Kebumen dengan Universitas Putra Bangsa dan Pemerintah Desa Ayah.

Pada kesempatan itu Bupati Kebumen mengatakan, konservasi lingkungan khususnya di bibir pantai Kebumen dibutuhkan untuk mencegah abrasi dan antisipasi tsunami. Mangrove dipilih karena relatif lebih murah dan membantu kelestarian lingkungan.

“Menahan abrasi, lingkungan terjaga dan murah. Bayangkan kalau harus menggunakan batu penghalang atau coreder tentunya harganya cukup mahal dan oksigennya tidak terpenuhi dengan bagus,” katanya.

Bupati Arif menyebut, konservasi mangrove sejatinya sudah berjalan sejak lama di tempat tersebut. Oleh karenanya, dampak ekonomi dengan munculnya obyek wisata pun sudah mulai dirasakan masyarakat. Bahkan tersedia pula wisata kano menyusuri hutan mangrove.

“Yang paling penting adalah menjadi obyek wisata baru,” imbuhnya.

Saat disinggung mengenai penambangan pasir, Arif tidak menampik hal tersebut masih ada. Menurutnya, konservasi ini perlu upaya untuk merubah kebiasaan lama yang kurang baik agar menjaga kelestarian lingkungan. Terlebih, Kebumen tengah menggalakkan Geopark Karangsambung Karangbolong.

“Pengembangan wisata mangrove, nanti jalan masuknya akan ditambah dengan baik. Kedua seperti kano atau kapal bisa dinikmati bersama keluarga baik untuk sport atau rekreasi dan ketiga disini juga sudah tumbuh pedagang di luar tinggal ditata dengan baik,” jelasnya. (thr/dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com