KEBUMEN, KebumenPost.com – Kapal klotok atau kapal otok otok adalah mainan jadul tradisional Indonesia yang berbahan baku seng. Uniknya, perahu ini bisa jalan sendiri diatas air hanya dengan tekanan uap sebagai pendorong.

Seperti yang dijual oleh Sutaryo (50), di Pasar Tumenggungan Kebumen Minggu, 29 Agustus 2021. Perahu perahu kecil ini sengaja ia pajang di lapak mejanya yang tidak begitu berukuran besar.

Sutaryo mengaku hingga saat ini peminat mainan jadul ini masih banyak diminati warga. Bahkan tak sedikit orang tua yang sengaja membeli mainan jadul ini untuk mengenang masa kecil mereka.

“Masih banyak diminati, orang tua pun suka karena mengingat masalalu. Uniknya mainan yang menggunakan minyak goreng,” ucapnya.

Adapun mainan ini ia dapat dari Kota Cirebon. Dan dalam satu kali pesan bisa mencapai 100 kodi (2000 buah). Harganya pun tegolong cukup terjangkau, yakni dibandrol dengan harga Rp20.000. Sedangkan perahu otok-otok yang ada layarnya Rp30.000.

‘’Sebelum pandemi bisa menghabiskan 100 kodi dalam waktu 3 bulan. Namun karena pandemi, saat ini 100 kodi habis  dalam waktu sampai 6 bulan.” imbuhnya.

Meski mengalami penurun omzet penjualan, Sutaryo tetap semangat berjualan. Dia pun berharap mainan ini tetap eksis dan tidak punah oleh zaman. (KP/HAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com